TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Jumat, 14 September 2012

Price Earning Ratio (PER)

Ini adalah ratio yang digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian modal yang diinvestasikan pada suatu saham. Atau, menghitung kemampuan suatu saham dalam menghasilkan laba.
Cara menghitung PER:
Market value dibagi dengan EPS

Tujuan dari metode analisis ini adalah untuk memprediksi kapan atau berapa kali laba yang dihasilkan perusahaan dibandingkan dengan harga sahamnya pada periode tertentu. Metode ini bisa juga dipakai untuk memperkirakan jangka waktu pengembalian modal investasi yang telah/ akan ditanamkan pada suatu saham.
Semakin kecil PER suatu saham akan semakin baik. Logikanya tingkat pengembalian investasi di saham tersebut akan semakin cepat karena EPS yang dihasilkan semakin besar.
Jika hanya dipakai untuk menghitung tingkat pengembalian modal, metode ini memiliki kelemahan karena tidak memperhitungkan persentase dividen yang akan dibagikan perusahaan. Padahal bisa saja persentase dividen yang dibagikan sangat kecil atau bahkan tidak dibagikan. Maka, penggunaan metode ini untuk mengukur tingkat pengembalian modal menjadi tidak tepat.
Tapi, jika digunakan untuk mengukur efektivitas kinerja suatu perusahaan, perhitungan PER ini cukup baik. Ini disebabkan semakin cepat/kecil PER-nya berarti semakin efisien dan efektif kinerja perusahaan tersebut. Dengan kata lain, pemanfaatan aset perusahaan untuk memperoleh laba semakin maksimal.
 Metode ini merupakan salah satu metode yang populer dipakai para  investor besar. Jadi, tidak ada salahnya investor kecil juga menganalisis ratio ini    sebagai salah satu dasar pertimbangan untuk berinvestasi.

 

0 komentar:

About us